Blog

Cara Menambah Kamus di Microsoft Word

Pernah mengetik banyak hingga berlembar-lembar di dalam Microsoft Office Word? Dan apakah pernah juga setelah tulisan yang banyak itu selesai diketik lalu anda koreksi banyak tulisan atau kata yang salah?

Jika iya hal ini pasti membuat anda merasa jengkel, saat menemukan satu kesalahan tulisan, kesalahan tulisan bukannya berhenti sampai disitu namun malah merambah ke tulisan atau kata yang lainnya hingga akhir.

Yang sudah pernah merasakan kejengkelan gara-gara kasus seperti ini biarkan saja anggap itu sebagai pelajaran kecil yang berharga. Supaya saat akan mengetik lagi dengan jumlah yang banyak, tidak akan mengulangi kejengkelan yang sama.

Untuk itulah microsoft word mempunyai fitur bawaan yang cukup canggih agar penggunanya tahu letak kesalahan dalam penulisannya.

Fitur ini bisa disebut dengan kamus, dengan menambahkan kamus baru berbahasa indonesia, secara otomatis Microsoft Word mampu mendeteksi kesalahan kata yang ditulis sesuai isi kamus yang ditambahkan.

kalimat atau kata dalam artikel yang salah akan ditandai dengan garis berwarna merah, sehingga dapat memudahkan anda dalam mengkoreksinya tanpa harus membaca seluruh artikel, dengan begitu akan lebih cepat dalam memperbaiki kata yang salah eja ataupun kalimat yang tidak sempurna penulisannya.

Lalu bagaimana caranya untuk menambahkan kamus bahasa indonesia di Microsoft Word? Caranya cukup mudah, simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

Bagaimana menambah kamus word 2016 dan 2007

  • Silahkan download terlebih dulu kamus bahasa indonesia dibawah ini (copy paste link ke browser)

https://docs.google.com/file/d/0B0sq4JMEK92-bTBGRE1SdWVjQlU/view

  • Kemudian bukalah Microsoft Word yang sudah ada tulisannya.
  • Selanjutnya klik File pada bagian kiri atas dan pilih menu Options paling bawah untuk word 2016, sedangkan pada ms word 2007 klik ikon word pada bagian kiri atas dan bukalah tombol Word Options.
Klik menu File dan pilih Options
  • Masuk ke Proofing dan pilih Custom Dictionaries
Pilih Proofing dan klik Custom Dictionaries
  • Masukkan file kamus yang baru saja anda download dengan mengklik tombol Add
Klik Add untuk memasukan kamus baru
  • Ubah pengaturan defaultnya dengan mengklik Change Default
Ubah kamus menjadi Default

Silakan anda coba dengan mengetikan kata-kata yang salah. Untuk kalimat yang rancu akan di tandai garis merah di bawahnya. Dibawah ini hasil yang sudah ditambah kamus di microsoft word.

Cara ini sudah di uji coba pada microsoft word 2007 dan word 2016.

Kata/kalimat yang salah ditandai dengan garis merah

Itulah tips bagaimana cara menambahkan kamus bahasa indonesia ke dalam Microsoft Word, untuk versi yang lainnya seperti word 2010 sampai office word 2013, caranya kurang lebih sama seperti tutorial di atas. Semoga postingan ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang suka mengalami kesalahan ketik di Microsoft Word.

Cara Membuat Shortcut Key Symbol Di Word

Kali ini kami akan memberi tips bagaimana cara membuat tombol shortcut key Symbol. Namun sebelumnya anda harus mengerti terlebih dahulu apa kegunaan dari tombol shortcut key untuk simbol pada Microsoft word ini.

Fungsi dari tombol shortcut key atau tombol cepat untuk simbol ini sendiri adalah untuk pempercepat pengetikan suatu simbol yang digunakan pada dokumen microsoft word.

Seperti yang sudah diuraikan tentang kegunaannya tadi fungsi dan kegunaannya untuk mempercepat proses pengetikan suatu simbol tanpa harus menggunakan mouse.

Kita mengetikkan symbol ₯ misalnya, kita dapat membuat fungsi tombol shorcut key tersebut dengan kombinasi tombol–tombol tertentu seperti yang kita inginkan.

Baik untuk dapat melakukan hal–hal yang tujuannya sama seperti yang saya uraikan di atas tadi, anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

Bagaimana membuat shortcut key symbol

  • Langkah pertama untuk membuat shortcut key tersebut adalah cari menu Symbol pada tab Insert seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.
Pilih Insert – Symbol dan pilih More Symbols

Dari tombol symbol diatas nantinya kita dapat memilih berbagai symbol yang akan kita buatkan shortcut key seperti yang kita inginkan.

  • Langkah kedua setelah kita memilih menu symbol seperti gambar di atas tadi adalah memilih symbol seperti yang kita inginkan, sebagai contoh saya memilih symbol ₯ seperti gambar di bawah ini.
Pilih symbol yang diinginkan

Setelah memilih symbol yang kita inginkan, klik pada Shortcut Key maka akan muncul tab atau kotak baru seperti gambar di point selanjutnya.

  • Kemudian akan muncul tab baru seperti yang terlihat di bawah ini.
Isi Press new shortcut keys sesuai keinginan

Pada tempat commands seperti gambar di atas akan keluar symbol yang kita pilih pada point sebelumnya tadi.

Lalu anda dapat mengisikan shortcut key yang anda inginkan pada pilihan Press new shortcut keys di atas (sebagai contoh tekan Alt+A pada keyboard) kalau sudah anda dapat klik tombol Asign dan pilih close untuk menutup jendela kecil.

Untuk mencoba silakan tekan Alt+A pada lembar halaman word, maka symbol ₯ akan tampil. Gunakan tombol shortcut key untuk symbol ini pada simbol–simbol yang sering anda gunakan, maka anda akan dapat dimudahkan dengan fitur yang disediakan oleh Ms Word ini.

Cara Membuat Amplop Surat Dengan Microsoft Word

Amplop menjadi kebutuhan yang vital bagi sebuah instansi, karena mutlak digunakan untuk menyampaikan udangan maupun surat penting.

Tampilan amplop yang rapi serta desain juga tak kalah pentingnya karena mencerminkan profesionalitas instansi. Sehingga, ketika akan mengirimkan surat/undangan, ada baiknya keterangan pada amplop diketik menggunakan komputer.

Yang menjadi masalah sekarang adalah bagaimana cara membuat amplop surat dengan microsoft word? sebenarnya caranya sangat mudah, hanya saja belum banyak yang mengeksplore fungsi serta kemampuan ms word.

Sebagai jawaban atas masalah di atas kali ini kami akan memberikan tutorial membuat amplop surat. Yang harus diperhatikan ketika akan membuat amplop surat ialah ukuran amplop yang akan dicetak.

Ukuran amplop baiknya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Kemudian ukur dimensi amplop yang akan dicetak, sehingga bisa disesuaikan dengan tulisan/keterangan yang akan ditulis dengan office word.

Ukur dimensi amplop menggunakan penggaris dalam inchi, kalau sudah diukur dan catat. Langkah selanjutnya adalah langkah utama yaitu setting di word berikut tutorialnya:

Bagaimana membuat amplop surat di word?

  • Buka Microsoft Word dan buat layar kerja/dokumen baru.
  • Lihat menu ribbon dan arahkan pada tools Mailings dan klik menu tersebut.
  • Arahkan cursors pada logo amplop atau Envelopes kemudian klik pada grup Create.
Klik Maiings dan pilih Envelopes
  • Lalu akan tampil jendela dialog Envelopes and Labels. Arahkan pada option tab Envelopes kemudian isi form yang tersedia, dengan alamat yang akan dituju.
  • Selanjutnya klik preview amplop melalui tombol Options.
Masukan alamat penerima pada form Envelopes
  • Kemudian Anda akan dibawa pada jendela pengaturan amplop. Anda bisa mengatur jenis serta ukuran amplop dengan mengklik Envelopes size sesuaikan dengan amplop yang kita miliki, jika sudah pas lalu klik OK.
Pilih ukuran amplop pada Envelope Options

Maka amplop sudah jadi dan siap untuk dicetak. Selanjutnya agar proses printing atau cetak sesuai dengan yang anda inginkan, maka penting untuk mengatur posisi cetak amplop.

  • Klik Printing Options.
  • Pilih Feed Methode sesuai dengan keinginan Anda lalu Klik OK.
  • Terakhir klik Print untuk mencetak.
Atur posisi amplop untuk di print


Itulah cara mudah untuk membuat amplop dengan microsoft word, semoga dapat membantu anda yang sedang kesulitan untuk membuat amplop.

Cara Menghapus dan Menonaktifkan Autocorrect Di Word

Seperti artikel kami sebelumnya mengenai membuat autocorrect pada microsoft word yang memaparkan tentang bagaimana membuat daftar autocorrect di word, kini kami akan mengulas tentang bagaimana cara menghapus dan menonaktifkan autocorrect di dokumen word.

Pada artikel terdahulu kami juga menjelaskan bahwa banyak dari anda yang kesulitan akan adanya tool ini. dikarenakan toolnya yang memberikan kata-kata tertentu ketika kita menuliskan sesuatu yang kita inginkan.

Terkadang kita perlu juga membuat autocorrect ini untuk mempercepat proses pengetikan dan pembuatan dokumen pada Microsoft word. Namun amat sangat menguras waktu jika harus memasukan kata satu persatu, sehingga jarang sekali pengguna office word yang menggunakannya.

Sekarang bagi anda yang kesulitan dengan tool autocorrect ini, kami akan memberi ulasan tentang bagaimana cara Menghapus dan Menonaktifkan Autocorrect.

Bagaimana cara mematikan autocorrect?

  • Langkah pertama klik menu File microsoft word seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Pilih menu File
  • Kemudian anda klik pada menu “options” yang berada di paling bawah kiri.
Klik Options
  • Setelah itu akan muncul tampilan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Klik pada menu “proofing” di sebelah kiri seperti gambar di atas.
  • Kemudian klik lagi pada “Autocorrect options”. Setelah anda melakukan hal yang kami sebutkan ini anda akan masuk pada jendela kecil autocorrect.
Klik Proofing dan masuk ke AutoCorrect Options

Cara menghapus autocorrect di word

Untuk menghapus satu kata atau beberapa kata yang ingin anda hapus, silahkan klik pada kata yang ingin anda hapus tersebut, kemudian klik “delete” lalu klik OK.

Klik kata yang mau di hapus dan Delete

Cara menonaktifkan autocorrect di office word

Adapun cara untuk menonaktifkan tool autocorrect ini lakukan langkah–langkah seperti yang kami ulas di atas. Setelah anda sampai pada tab Autocorrect maka hilangkan tanda centang pada “Replace text as you type” lalu klik OK untuk mengakhirinya.

Hilangkan centang Replace text as you type dan klik OK

Semoga cara menonaktifkan dan menghapus autocorrect di word ini bermanfaat bagi anda dan dapat mempermudah anda dalam pengerjaan suatu dokumen pada lembar kerja microsoft word, dan tips dari kami, gunakan tool ini sesuai dengan keperluan dan kebutuhan.

Cara Membuat Autocorrect Pada Word

Bagi anda yang sering menggunakan tool Autocorrect pada word pasti sudah terbiasa dengan kemudahan yang diberikan oleh tool tersebut. Namun bagi anda yang belum terbiasa dengan hal ini pastilah sangat terganggu dan ribet dengan munculnya tool ini. Maka, gunakanlah tool dari microsoft word ini jika anda benar–benar membutuhkannya.

Sebenarnya apa sih tool Autocorrect pada word ini? secara garis besarnya tool Autocorrect di microsoft word ini berfungsi untuk memperbaiki kata yang masih rancu menjadi kata yang benar menurut bahasa, namun anda harus membuat daftar autocorrect ini secara manual agar menjadi kata–kata yang baik seperti yang anda inginkan.

Misalnya anda mengetikkan “becaus” setelah anda spasi dapat langsung muncul kata yang seharusnya menjadi “because”.

Untuk dapat membuat daftar autocorrect pada office word ini, anda dapat melakukan langkah–langkah seperti di bawah ini:

Cara mengaktifkan autocorrect di word

  • Buka dokumen word, klik pada menu file seperti pada gambar di bawah ini.
Klik menu File
  • Setelah itu akan muncul tab seperti gambar di bawah. Lihat pada menu di pojok kiri bawah. Kemudian anda klik pada “options”.
Pilih Options
  • Langkah yang selanjutnya adalah lihat pada jendela kecil yang muncul di bawah ini.
  • Di bagian frame sebelah kiri, terdapat beberapa pilihan yang tersedia. Untuk dapat membuat autocorrect seperti yang anda inginkan, silahkan pilih menu “Proofing”.
  • Kemudian lihat pada frame sebelah kanan dengan banyak menu dan pilihan, untuk melanjutkan proses pembuatan aucorrect ini klik pada “AutoCorrect Options”. (lihat pada gambar dibawah)
Klik Proofing dan pilih AutoCorrect Options
  • Langkah selanjutnya adalah buat kata yang ingin dijadikan autocorrect.
  • Misalkan dari becaus, masukan kata tersebut kedalam form yang diberi tanda panah, maka secara otomatis akan muncul daftar kalimat yang sesuai dibawahnya, pilih kata yang benar yakni because, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
  • Setelah selesai membuat kata yang anda inginkan klik OK.
Masukan kata yang salah pada kolom Replace

Membuat autocorrect pada word sudah selesai, anda dapat mencobanya dengan mengetikan kata yang kurang sempurna ataupun salah contohnya seperti ‘becaus’ pada halaman word, maka secara otomatis akan berubah menjadi kata yang benar ‘because’ setelah anda klik tombol spasi.

Cara Mencetak Dokumen Bolak Balik

Pernah mencetak dokumen bolak-balik di word, buku atau sebuah laporan karya ilmiah? Jika sudah pasti kebanyakan mencetak hanya dengan satu sisi di setiap kertasnya. Sedangkan sisi lainnya tetap kosong.

Entah ini sudah aturannya atau bagaimana, yang jelas dengan menggunakan satu sisi saja dalam kertas akan membuat kebutuhan kertas semakin banyak, hasilnya pemborosan akan terus terjadi.

Untuk print secara bolak balik ini tidak hanya khusus untuk pembuatan buku, namun dapat juga dilakukan pada dokumen lain sesuai dengan yang diinginkan agar dapat meminimalisir pemakaian kertas.

Untuk menghemat penggunaan kertas, lebih baik saat mencetak dokumen dari microsoft word anda mencetaknya secara bolak-balik di ke dua sisi kertasnya. Sama seperti percetakan buku, anda sebenarnya bisa melakukannya dengan mengatur proses print di dalam word.

Cara print bolak-balik ternyata masih belum diketahui oleh banyak orang. Maka dari itu saya berinisiatif untuk membuat postingan ini yang mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat bagi anda.

Dalam pengaturan yang akan kita lakukan ini, proses mencetak nanti akan otomatis menyusun halaman per halaman, jadi anda tidak perlu mengaturnya berkali-kali. Berikut adalah langkah demi langkah pengaturannya agar bisa mencetak bolak-balik:

Cara mencetak dokumen secara bolak balik atau print di word

  • Bukalah dokumen yang ingin anda cetak
  • Jika sudah siap, langsung saja tekan Ctrl + P pada keyboard anda agar muncul tampilan jendela Print
  • Lanjutkan dengan mengklik Properties seperti yang ditunjuk tanda panah di bawah ini
Print
  • Ini adalah tampilan properties dari printer MP258, mungkin jika anda memakai merk yang berbeda tampilannya akan berbeda, tapi pada intinya di setiap fitur setiap printer sama.
  • Lihat kotak merah di pojok kanan, itu merupakan preview dari cetakan anda yang mengartikan bahwa anda akan mencetak dalam satu sisi saja.
Printer Properties
  • Untuk mencetaknya secara bolak-balik centang pada Percetakan Dupleks atau Duplex Printing. Lihat kembali preview cetaknya di tempat yang sama, kertas akan terlihat melipat yang mengartikan bahwa proses cetak nanti menggunakan mode Dupleks atau bolak-balik.Jika sudah klik OK
Pilih Duplex Printing
  • Selanjutnya klik OK lagi untuk memulai proses mencetak secara bolak-balik
Print Dokumen Bolak balik

Jangan khawatir jika proses print dokumennya nanti akan meloncati satu halaman. Wajar ini karena kita sedang mencetak dokumen secara bolak-balik.

Tunggu proses mencetaknya selesai hingga ada sebuah perintah untuk memasukan kertas kembali. Masukan kertas yang sama namun letakan bagian yang kosong di depan agar printer mencetak lembar baliknya di sana.

Cara Menyembunyikan Menu Ribbon Pada Word

Menu ribbon merupakan deretan menu tool bar yang berada di atas layar kerja Microsoft Word. Menu ribbon juga bisa kita temui pada produk MS Office lainnya seperti MS Excel, dan Ms Power Point.

Menu ribbon berisi akses cepat menu toolbar dan fungsi fungsi penting dalam mengatur dan memformat sebuah dokumen, sehingga memudahkan pengguna tanpa harus mencarinya di menu utama. Hal ini merupakan kelebihan ms word versi terbaru dibanding dengan versi sebelumnya, karena pada office word lawas, membutuhkan beberapa klik untuk menemukan perintah pada menu toolbar.

Menu ribbon mengelompokkan sub menu berdasar fungsinya, contohnya pada menu Home, akan dijumpai pengaturan dasar yang dikelompokkan pada font, paragraph, styles dan editing.

Meskipun sangat membantu penguna dalam bekerja, namun terkadang kita membutuhkan space yang cukup besar pada layar untuk mengedit dokumen.

Sedangkan menu ribbon cukup menyita ruang bagian atas layar kerja. Bagi Anda yang mungkin merasa keberadaan menu ribbon cukup mengganggu, atau membutuhkan space yang cukup lebar sementara, kita bisa menyembunyikannya dengan melakukan minimize.

Cara menyembunyikan menu ribbon ini juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang tidak sengaja menghilangkan menu tersebut, sehingga kebingungan untuk memperbaikinya dapat teratasi.

Bagaimana cara menyembunyikan dan menampilkan menu ribbon di word?

  • Pada saat mengolah dokumen word, arahkan kursors pada toolbar
  • Cari tombol Ribbon Display Options (terletak pada bagian atas kanan)
  • Setelah itu pilih Auto-hide Ribbon untuk menyembuyikan menu ribbon
  • Dalam sekejap, menu ribbon akan hilang dari layar kerja Anda. untuk menampilkannya kembali cukup dengan memilih Show Tabs and Commands.
  • Auto-hide Ribbon : Menampilkan lebar kerja word secara penuh, tanpa menu ribbon
  • Show Tab : Hanya memperlihatkan menu tab dengan ribbon terlipat
  • Show Tabs and Commands : Untuk memunculkan menu ribbon

Itulah cara menyembunyikan menu Ribbon pada microsoft word, sangat mudah dan simple, tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan olah data yang sedang dikerjakan.

Meskipun menu Ribbon dihilangkan, Anda masih bisa mengakses menu toolbar dengan sekali klik. Untuk menghilangkannya juga tingal klik menu lainnya yang diakses jadi akan lebih efektif karena bisa memberikan ruang kerja yang lebih luas.