Blog

Cara Melindungi Dokumen Word Agar Tidak Bisa Diedit

Cara melindungi dokumen word agar tidak bisa diedit ataupun di copy paste, tujuan dari tutorial ini hampir sama dengan tutorial cara memberi password pada dokumen yang sebelumnya sudah pernah saya tuliskan.

Jika di dalam tutorial tersebut orang yang tidak tahu passwordnya tidak akan bisa membuka dokumen, maka untuk kali ini orang yang membuka dokumen masih bisa membaca dan melihat isi dari dokumen microsoft office word, namun tidak bisa melakukan pengeditan.

Melindungi dokumen word terkadang memang perlu kita lakukan demi keamanan dokumen kita yang bisa dibilang penting. Contoh kecilnya saja anak sekolahan atau kuliahan saat mengerjakan suatu tugas yang lumayan banyak yang diketik di dalam microsoft word. Lalu secara iseng-isenngan ada teman yang membuka tugas kita tadi.

Kemudian dengan sikap bercanda yang keterlaluan tugas kita diedit atau diberikan tulisan tambahan yang sangat menjengkelkan bagi diri kita yang sudah susah payah mengerjakannya.

Untuk mencegah dari kejahilan yang sudah saya contohkan di atas, lebih baik kita lakukan perlindungan terhadap dokumen-dokumen kita yang dirasa penting. Cukup dengan mengikuti tutorial singkat ini dan mempraktekkannya langsung, berikut langkah demi langkahnya :

Mengunci dokumen word supaya tidak bisa dicopy dan diedit

  • Bukalah dokumen Microsoft Word yang ingin anda berikan perlindungan
  • Setelah terbuka, pilih tab menu Review
  • Lihat pada bagian pojok kanan atas, klik pada menu Protect. Lanjutkan dengan mengklik Restrict Editing.
  • Pada jendela kecil bagian samping, silahkan centang bagian Limit formatting to a selection of styles dan Allow only this type of editing in the document seperti yang sudah saya kasih tanda kotak merah di gambar. Jika sudah langsung saja klik Yes, Start Enfrorcing Protection
Cara melindungi dokumen word agar tidak bisa diedit langkah pertama
  • Anda akan diminta untuk memberikan password keamanan pada jendela Start Enforcing Protection, masukan kata sandi yang mudah diingat selanjutnya klik OK.
Cara melindungi dokumen word agar tidak bisa diedit langkah kedua
  • Kemudian keluar dari lembar kerja word dan jangan lupa dokumennya disave ulang kembali.
Cara melindungi dokumen word agar tidak bisa diedit langkah ketiga
  • Untuk mencobanya, buka kembali dokumen yang tadi. Dan ini adalah tampilan dari dokumen yang berhasil dilindungi. Bisa dilihat semua tombol fitur-fitur dari Microsoft Word terkunci namun kita masih bisa membaca isi teks dari dokumennya.
Cara melindungi dokumen word agar tidak bisa diedit langkah keempat

Membuka Dokumen yang di kunci

  • Jika ingin membuka kembali proteksinya, anda cukup kembali membuka tab Protect dan pilih Restrict Editing (seperti langkah diatas)
  • Lihat pada bagian bawah sendiri, di sana klik Stop Protection
Cara membuka dokumen yang di kunci password step pertama
  • Masukkan kata sandi yang anda gunakan, maka tools dan fitur-fitur Microsoft Word akan otomatis bisa digunakan lagi dan dapat mengedit artikel dalam dokumen tersebut.
Cara membuka dokumen yang di kunci password step kedua

Yang perlu di ingat dalam melindungi dokumen word diatas adalah buatlah password yang mudah diingat oleh anda, karena jika lupa kata sandi maka dokumen tidak dapat di edit kembali dan hanya dapat di lihat saja, semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tagged on: , ,